Home > Ekskursi > Backpaker-an Jakarta-Jogja-Bali

Backpaker-an Jakarta-Jogja-Bali

Ada dua tipe ekstrim pelancong mengunjungi berbagai tempat di penjuru dunia. Tipe pertama, tipe luks sedangkan tipe ke dua, tipe backpacker. Tipe pertama menggunakan layanan wisata serwa wah; transportasi pesawat, hotel berbintang, makanan terjamin bergizi, Tipe ke dua menggunakan apa saja yang penting tujuan tercapai dengan harga yang murah meriah. Tulisan kali ini ingin berbagi dengan pembaca bagaimana menjadi backpaker dari Jakarta hingga Bali (Denpasar) melalui Jogjakarta.

Titik awal Jakarta diambil di Stasiun KA Senen, Jakarta Pusat. Di sini backpacker dapat membeli tiket KA Ekonomi Progo jurusan Jogjakarta seharga Rp. 35.000,-.  Berangkat setiap hari pukul 21.00 WIB. Hingga ke Jogja, kereta ini akan melalui beberapa stasiun, yaitu: Stasiun Jatinegara, Stasiun Bekasi, Stasiun Cikampek, Stasiun Pegadenbaru, Stasiun Cirebon, Stasiun Purwokerto, Stasiun Kroya, Stasiun Sumpiuh, Stasiun Gombong, Stasiun Karanganyar, Stasiun Kebumen, Stasiun Kutoarjo, Stasiun Jenar, Stasiun Wojo, Stasiun Wates, Stasiun Sentolo, dan Stasiun Patukan. Sampai di Jogja, Stasiun Lempunyangan, kurang lebih pukul 07.00 WIB, dapat lebih cepat dan juga lebih lambat tergantung musim.

Backpackers dapat istirahat sebentar sebelum melanjutkan perjalanan ke Banyuwangi pada pukul 07.30 WIB atau dapat menginap semalam sambil menikmati Djogdja. Jika langsung melanjutkan perjalanan, silahkan membeli karcis KA Sri Tanjung, jurusan Banyuwangi melalui Surabaya (ST. Gubeng). Perjalanan akan menempuh waktu sekitar 15 jam. Sampai terakhir Banyuwangi antara pukul 10.00 hingga 11.00 WIB malam. Stasiun terakhir berlokasi tepat di depan Pelabuhan Penyebrangan Ketapang (agak geser sedikit sih..), jaraknya kurang lebih 500 m.

Jika mau intirahat sejenak, di depan pelabuhan, Backpackers dapat menikmati sajian khas Banyuwangi, Nasi Tempong, Bagiak atau nasi bungkus standar Indonesia.

Dari Ketapang, perjalanan ke Denpasar dilanjutkan dengan kendaraan Bus yang tersedia berbagai kelas, dari ekonomis hingga eksekutif. Tentu sebagai backpakers, memilih menggunakan bus kelas ekonomis yang melayani langsung Ketapang – Denpasar (Terminal Ubung) dengan ongkos 30 – 40 ribuan. Alternatifnya dapat menyeberang Selat Bali secara individu dengan ongkos 6 ribu, kemudian melanjutkan perjalanan Gilimanuk – Denpasar menggunakan angkutan lokal dengan ongkos antara 20 ribu hingga 30 ribu. Perjalanan dengan bus lokal ini hanya tersedia siang hari (mulai subuh). Waktu yang dibutuhkan hingga sampai Denpasar berkisar 3 jam hingga 5 jam.

…..Selamat datang di Denpasar, Backpackers!
Sampai di sini berarti Backpackers telah sampai di Denpasar (dari Jakarta) dengan ongkos 35 + 35 + 30 = 100 ribu.

Semoga bermanfaat!

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: