Home > Artikel, software > Sekarang, ENVI ada di dalam ArcGIS

Sekarang, ENVI ada di dalam ArcGIS

March 8, 2011

Bulan November kemaren, tepatnya 2 November 2010, ITT Visual Information Solutions mengeluarkan release ENVI terbaru versi 4.8. Wah…, mudah-mudahan semakin seru fungsi-fungsi yang ditawarkannya.

Saya mengenal ENVI sejak versi 3.1 sekitar tahun 1998 dengan fitur yang masih kaku dan belum banyak orang menyukainya. Saat ini, perangkat lunak pengolah data penginderaan jauh ini sangat populer, terutama di kalangan pegiat remote sensing di dalam negeri. Nah berikut ini saya coba korek fitur-fitur baru yang ditawarkan versi baru ini.

Fitur paling menarik adalah terintegrasikannya kemampuan ENVI dalam mengolah citra dalam perangkat lunak ArcGIS 9.3 dan ArcGIS 10. Kalihatannya ini ITT tidak mau kalah dengan ERDAS yang terlebih dulu meng-embed-kan diri ke dalam ArcGIS. Strategi ini wajar karena kebanyakan pengguna perangkat lunak pengolah citra adalah pengguna SIG yang salah satu sumber datanya berasal dari citra penginderaan jauh. Dengan terdapatnya fungsi pengolah citra dalam perangkat lunak SIG, tentu sangat menyenangkan mereka.

Terdapat sekitar 20 fungsi ENVI yang dapat diakses langsung dari ArcGIS, sehingga orang tidak perlu keluar dari ArcGIS untuk melakukan pengolahan citra. Fungsi-fungsi ENVI dapat diakses di ArcToolbox, seperti deteksi perubahan, klasifikasi, analisis kenampakan (viewshed analysis) dan mengidentifikasi anomali. Bagi pengguna ArcGIS Server juga dapat menggunakan ENVI for ArcGIS Server.

%d bloggers like this: